Selamat datang di blog ACI BUDAYA semoga semua artikel yang telah tersaji dan telah anda baca dapat bermanfaat. Salam blogger,,!!!
deskripsi gambar
Home » » Tips Mengatasi Diare

Tips Mengatasi Diare

Penulis coxelgokil pada Senin, 27 Januari 2014 jam 18.12

Pencegahan

Diare kebanyakan disebabkan oleh beberapa infeksi virus tetapi juga seringkali akibat dari racun bakteria. Dalam kondisi hidup yang bersih dan dengan makanan mencukupi dan air tersedia, pasien yang sehat biasanya sembuh dari infeksi virus dalam beberapa hari dan paling lama satu minggu. Namun untuk individu yang sakit atau kurang gizi, diare dapat menyebabkan dehidrasi yang parah dan dapat mengancam-jiwa bila tanpa perawatan.

Berikut ini beberapa kebiasaan sehat yang dapat membantu anda dan keluarga terbebas dari penyakit diare :

  1. Selalu pakai alas kaki, terutama jika berada di tempat yang becek atau terdapat genangan air hujan, untuk mencegah masuknya kuman melalui kulit.
  2. Jaga kebersihan diri dengan cara mencuci tangan dengan sabun hingga bersih setiap sebelum dan sesudah mengolah makanan, sebelum makan, setelah bepergian, dan setelah dari toilet.
  3. Jaga kebersihan lingkungan, baik di dalam maupun di sekitar rumah Anda, dengan membuang sampah pada tempatnya, dan membersihkan selokan yang tersumbat oleh sampah, dan sebagainya.
  4. Selalu cuci sayuran dan buah sebelum dikonsumsi.
  5. Sebaiknya tidak memotong maupun mengolah bahan makanan makanan yang mentah dengan yang matang dengan alat masak yang sama, untuk mencegah kontaminasi silang.
  6. Masak makanan hingga matang, terutama bahan makanan seperti daging, ayam, ikan maupun telur, minimal hingga suhu 70 derajat Celcius.
  7. Sebaiknya simpan makanan matang yang tidak habis dimakan dalam lemari es dan panaskan kembali terlebih dahulu jika ingin dikonsumsi kembali.
  8. Selalu konsumsi air minum dan air untuk memasak dalam kondisi matang atau sudah dimasak hingga mendidih, agar bakteri yang terdapat dalam air tersebut mati.
  9. Konsumsi makanan dengan nutrisi yang cukup, terutama protein, vitamin, mineral, dan air untuk menjaga daya tahan tubuh tetap kuat sehingga terlindungi dari infeksi kuman penyakit.
  10. Berolahraga teratur untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh.
Pengobatan 
 
Cara mengobati diare dengan cepat akan sangat membantu untuk menghindari penyakit yang lebih serius lagi akibat diare yang berkepanjangan, penyakit diare biasanya di sebabkan oleh bakteri, makan makanan yang terlalu pedas, terlalu banyak makan goreng-gorengan, pegantian musim juga bisa  mengakibatkan terjadinya penyakit diare kalau kita kurang menjaga kekebalan tubuh, misalnya kurang mengkonsumsi vitamin atau makan makanan yang kurang bersih.
 
Cara mengobati diare dengan cepat perlu memperhatikan lingkungan tempat tinggal yang bisa jadi kurang kebersihannya sehingga menimbulkan datangnya bakteri penyebab diare, sebaiknya biasakanlah untuk mencuci tangan sebelum makan, jika mengkonsumsi buah-buahan sebaiknya di cuci terlebih dahulu untuk menghilangkan bakteri yang melekat pada buah, hindarilah makanan yang terlalu pedas dan goreng-gorengan.

Mengobati diare dengan cepat yang bisa kita lakukan adalah sebagai berikut :

·         Air putih
Minum air putih yang banyak bisa membantu mempercepat keluarnya bakteri yang ada dalam tubuh dan membantu memulihkan tubuh akibat kekurangan cairan.

·         Daun teh
Seduh teh sebanyak ½ gelas dengan air panas hingga menjadi 1 gelas lalu tambahkan garam 1 sdt, minum setelah airnya menjadi hangat.

·         Daun jambu biji
Ambil beberapa lembar daun jambu biji muda cuci bersih lalu konsumsilah, ini bermanfaat untuk  mengurangi rasa mulas pada perut.

·         Pisang klemas
Bakar pisang klemas mentah yang masih berkulit sebanyak 1 sisir, setelah matang buang kulitnya lalu konsumsi,ini bermanfaat untuk memadatkan kotoran yang encer.

·         Kunyit
Parut kunyit sebanyak 4 ruas jari lalu seduh dengan air panas sebanyak ½ gelas lalu aduk dan tutup, bisa di tambah gula jawa secukupnya diamkan selam 15 menit lalu minumlah, ini bermanfaat untuk melancarkan pencernaan agar kembali normal.

Menjaga kesehatan sangatlah penting, karena itu membiasakan diri dengan pola hidup sehat adalah investasi untuk masa depan yang lebih sehat lagi. Jagalah selalu kesehatan anda. 



Sumber : http://www.gen22.net/2013/04/cara-mencegah-diare-dengan-10-kebiasaan.html &
http://kikinurhayati.blogspot.com/2013/08/cara-mengobati-diare-dengan-cepat.html

Author : coxelgokil | ACI BUDAYA

blog ACI BUDAYAAnda telah membaca artikel tentang : Tips Mengatasi Diare. Oleh Admin, Anda diperbolehkan mengcopy-paste atau menyebarluaskan artikel ini, namun jangan lupa untuk meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya. Terimakasih...

Author : Aci Budaya - [Blog Lain]

Share this article :
0 Komentar di Blogger
Silahkan Berkomentar Melalui Akun Facebook Anda
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda

Posting Komentar